Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Metode Pembelajaran 1 (Hakikat, faktor dan pentingnya media pembelajaran)

A.    Hakikat Dan Faktor-Faktor Dalam Pemilihan Metode Mengajar
Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan melibatkan aktivitas siswa dan guru. Untuk mencapai tujuan tersebut deperlukan metode sebagai alternatif, sehingga dalam mencapai tujuan dapat maksimal. Metode mengajar yang digunakan haruslah bervariatif sehingga tidak menimbulkan kejenuhan aktivitas dalam proses pembelajaran.
 
Gambar 1 : Pemilihan metode mengajar yang tepat mengaktifkan suasana pembelajaran
Sumber : google.com
1.      Hakikat Metode Mengajar dalam Pembelajaran
Metode (method), menurut Fred Percival dan Henry Ellington (1984) adalah cara yang umum untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik atau mempraktikkan teori yang telah dipelajari dalam rangka mencapai tujuan belajar. Batasan ini hampir sama dengan pendapat Tardif dalam Muhibbin Syah (1995) bahwa metode diartikan sebagai cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan penyajian materi pelajaran kepada peserta didik.
Selanjutnya Reigeluth (1983) mengartikan bahwa metode mencakup rumusan tentang pengorganisasian bahan ajar, strategi penyampaian, dan pengelolaan kegiatan dengan memperhatikan tujuan, hambatan, dan karakteristik peserta didik sehingga diperoleh hasil yang efektif,efisien, dan menimbulkan daya tarik pembelajaran. Pendapat Reigeluth tersebut didukung oleh Jerome Brunner (dalam Conny Semiawan,1 997) dengan menyebut metode pembelajaran induktif atau berpikir induktif. Kemudian J.E. Kemp (1994) menggunakannya untuk mengelompokan pola mengajar dan belajar, yaitu klasikal, mandiri, dan interaksi guru-peserta didik atau pengajaran kelompok.

Berbagai pendapat di atas, menunjukkan bahwa metode berhubungan dengan cara yang memungkinkan peserta didik memperoleh kemudahan dalam rangka mempelajari bahan ajar yang disampaikan oleh guru.

Metode mengajar merupakan salah satu komponen yang harus digunakan dalam pembelajaran karena untuk mencapai tujuan pembelajaran maupun dalam upaya membentuk kemampuan siswa. Prinsip meode mengajar yang berkaitan dengan faktor perkembangan siswa yaitu:
1)      Dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa.
2)      Dapat memberikan peluang untuk berekspresi dalam aspek seni.
3)      Dapat memungkinkan siswa belajar memecahkan masalah.
4)      Dapat menimbulkan rasa ingin tahu siswa untuk menguji kebenaran.
5)      Memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan.
6)      Memungkinkan siswa mampu menyimak.
7)      Memungkinkan siswa belajar mandiri.
8)      Memungkinkan siswa belajar bersama.
9)      Memungkinkan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.

Fungsi-fungsi penggunaan metode ditinjau dari segi prosesnya, yaitu:
1)      Sebagai alat atau cara.
2)      Sebagai gambaran aktivitas yang harus ditempuh siswa dan guru.
3)      Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan penilaian.
4)      Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan bimbingan.

2.      Faktor-Faktor yang perlu diperhatikan dalam Pemilihan metode Mengajar
a.      Tujuan Pembelajaran atau kompetensi Siswa
Tujuan pembelajaran merupakan pernyataan yang diharapkan dapat diketahui , disikapi, dan atau dilakukan siswa seetelah mengikuti pembelajaran. Tujuan institusional adalah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu lembaga pendidikan. Tujuan bidang studi adalah tujuan yang harus dicapai oleh suatu mata pelajaran. Tujuan pembelajaran (instruksional) adalah tujuan yang harus dicapai dalah suatu pokok bahasan tertentu. Taxonomy Bloom menguraikan tentang tujuan yang bersifat khusus, yang sering mencakup 3 ranah, yaitu:
1)      Kognitif
a)      Pengetahuan, kemampuan mengetahui, mengingat.
b)      Pemahaman, kemampuan menerjemahkan, memahami.
c)      Penerapan, kemampuan mengerjakan, membuat.
d)      Analisis, kemampuan mengkaji, menguraikan, membedakan dan mengidentifikasi.
e)      Sintesis, kemampuan menggabungkan, mengelompokkan, menyusun.

2)      Afektif

a)      Penerimaan.
b)      Partisipasi.
c)      Penilaian
3)      Psikomotor
a)      Persepsi, kemampuan berpendapat.
b)      Kesiapan.
c)      Gerakan terbimbing, kemampuan meniru.
d)      Gerakan terbiasa, keterampilan berpegang pada pola.
e)      Gerakan yang kompleks, keterampilan lincah, cepat, lancar.
Tujuan pembelajaran khusus atau Enabling Objectives artinya tujuan pembelajaran harus dicapai selama proses belangsung. Tujuan pemvelajaran umum atau yargey objectives artinya tujuan pembelajaran dapat dicapai setelah selesai pembelajaran.

b.      Karakteristik Bahan Pelajaran/materi Pembelajaran
Aspek yang terdapat dalam materi pelajaran, yaitu:
1)      Aspek konsep, merupakan substansi isi pelajaran yang behubungan dengan pengertian, atribut, karakteristik, label atau ide dan gagasan tertentu.
2)      Aspek fakta, isi peajaran yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu, data yang memiliki esensi objek dan waktu.
3)      Aspek prinsip, isi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hokum, ketentuan, dan prosedur.
4)      Aspek nilai, meteri pelajaran yang berhubungan dengan baik buruk, salah benarnya suatu perilaku.
5)      Aspek keterampilan intelektual, materi pelejaran yang berhubungan  dengan pembentukan kemampuan penyelesaian masalah.
6)      Aspek keterampilan psikomotor, materi pelajaran yang berhubungan dengan pembentukan kemampuan fisik.

c.       Waktu yang Digunakan
Selalu memperhatikan alokasi waktu  agar proses mengajar dapat optimal.

d.         Faktor Siswa
Mempertimbangkan banyaknya siswa dan dan mempertimbangkan aspek kesegaran mental (faktor antusias dan kelelahan).

e.        Fasilitas, Media, dan Sumber Belajar
Prinsip-prinsip belajar yang dijadikan landasan dalam pembelajaran diantaranya adalah ketersedian fasilitas, media dan sumber belajar.

3.      Pentingnya Metode Mengajar dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Maupun Membentuk Kemampuan Siswa
Setiap metode mengajar memiliki tujuan yang berbede-beda dalam membentuk kemampuan siswa, sehingga setiap pemilihan metode haruslah guru mendasari dengan memahami karakteristik dan dampak dari metode tersebut.

Tulisan terkait : 
- Metode Pembelajaran 1 (Hakikat, faktor dan pentingnya media pembelajaran )
- Metode Pembelajaran 2 ( Jenis - jenis metode pembelajaran ) 
- Metode Pembelajaran 3 ( Hubungan pengalaman dan metode mengajar )


DAFTAR PUSTAKA. 
Abimanyu Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Strategi pembelajaran dan pemilihannya. Jakarta, hal: 25-30.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang, hal: 6.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar