A.
Hubungan Pengalaman Belajar dengan Metode Mengajar
Hakikat belajar, yaitu:
1. Belajar
merupakan suatu proses.
2. Hasil
belajar berupa perubahan sikap.
3. Pengalaman
interaksi antara siswa dengan lingkungan.
Prinsip-prinsip dalam belajar,
yaitu:
1. Belajar
memerlukan perhatian khusus dan perasaan terhadap apa yang dipelajari.
2. Belajar
memerlukan motivasi.
3. Belajar
memerlukam aktivitas yang maksimal.
4. Belajar
memerlukan balikan.
5. Belajar
terjadi secara bertahap.
6. Belajar
terjadi secara individual.
Kemampuan
siswa yang diharapkan dari lulusan Sekolah Dasar yaitu:
1. Mengenali
dan berperilaku sesuai ajaran agama.
2. Menjalankan
hak dan kewajiban diri, serta beretos kerja.
3. Berpikir
logis, kritis dan kreatif.
4. Menyenangi
keindahan.
5. Membiasakan
hidup bersih, bugar dan sehat.
6. Memiliki
rasa cinta terhdap bangsa dan Negara.
Gambar : Pengalaman belajar didapat sesuai dengan metode yang diterapkan Sumber gamabar : google.com |
Pengalaman
belajar (learning experience) yang diharapkan adalah terjadinya aktivitas
belajar yang tinggi dibawah bimbingan guru sehingga pembentukan pengalaman
bealajaarnya dibangun atas kemampuan dan potensi diri sendiri. Pembelajaran
adalah suatu proses berkelanjutan berdasarkan atas pengalaman.
Metode
ceramah berdampak terhadap pengalaman belajar siswa, yaitu pengalaman menyimak,
sehingga siswa akan memperoleh pengalaman tentang proses pemahaman suatu
konsep, fakta bahkan prinsip-prinsip.
Dalam metode
diskusi, pengalaman yang diperoleh yaitu bekerja sama, pengalaman mengeluarkan
ide, menjadi pemimpin, berkomunikasi, dan pengalaman menyimpulkan hasil
diskusi.
Metode
simulasi, pengalaman belajar yang didapat adalah berinteraksi, berkomunikasi
dengan kelompok, bermain peran, bekerja sama, dan menilai proses kegiatan
simulasi.
Pengalaman
yang didapat dari metode demonstrasi yaitu memperhatikan proses yang
sistematis, mempraktikkan secara proses, menggunakan alat dan bahan yang
sebenarnya.
Metode
eksperimen memberikan pengalaman membanding-bandingkan hasil eksperimen,
mendiskusikan perbedaan, menemukan suatu konsep, membuktikan sesuatu
secara proses.
Metode karya wisata, dampak pengalaman yang diperoleh
yaitu berinteraksi, bekerja sama, mengamati, dan menilai objek, memberikan
pengalaman nyata, praktis dan konkret.Tulisan terkait :
- Metode Pembelajaran 1 (Hakikat, faktor dan pentingnya media pembelajaran )
- Metode Pembelajaran 2 ( Jenis - jenis metode pembelajaran )
- Metode Pembelajaran 3 ( Hubungan pengalaman dan metode mengajar )
DAFTAR PUSTAKA.
Abimanyu Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Strategi pembelajaran dan pemilihannya. Jakarta, hal: 25-30.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang, hal: 6.
0 komentar:
Posting Komentar