Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Metode Pembelajaran 3 ( Hubungan pengalaman dan metode mengajar )

A.    Hubungan Pengalaman Belajar dengan Metode Mengajar
Hakikat belajar, yaitu:
1.      Belajar merupakan suatu proses.
2.      Hasil belajar berupa perubahan sikap.
3.      Pengalaman interaksi antara siswa dengan lingkungan.
Prinsip-prinsip dalam belajar, yaitu:
1.      Belajar memerlukan perhatian khusus dan perasaan terhadap apa yang dipelajari.
2.      Belajar memerlukan motivasi.
3.      Belajar memerlukam aktivitas yang maksimal.
4.      Belajar memerlukan balikan.
5.      Belajar terjadi secara bertahap.
6.      Belajar terjadi secara individual.
Kemampuan siswa yang diharapkan dari lulusan Sekolah Dasar yaitu:
1.      Mengenali dan berperilaku sesuai ajaran agama.
2.      Menjalankan hak dan kewajiban diri, serta beretos kerja.
3.      Berpikir logis, kritis dan kreatif.
4.      Menyenangi keindahan.
5.      Membiasakan hidup bersih, bugar dan sehat.
6.      Memiliki rasa cinta terhdap bangsa dan Negara.

Gambar : Pengalaman belajar didapat sesuai dengan metode yang diterapkan
Sumber gamabar : google.com

Pengalaman belajar (learning experience) yang diharapkan adalah terjadinya aktivitas belajar yang tinggi dibawah bimbingan guru sehingga pembentukan pengalaman bealajaarnya dibangun atas kemampuan dan potensi diri sendiri. Pembelajaran adalah suatu proses berkelanjutan berdasarkan atas pengalaman.
Metode ceramah berdampak terhadap pengalaman belajar siswa, yaitu pengalaman menyimak, sehingga siswa akan memperoleh pengalaman tentang proses pemahaman suatu konsep, fakta bahkan prinsip-prinsip.
Dalam metode diskusi, pengalaman yang diperoleh yaitu bekerja sama, pengalaman mengeluarkan ide, menjadi pemimpin, berkomunikasi, dan pengalaman menyimpulkan hasil diskusi.
Metode simulasi, pengalaman belajar yang didapat adalah berinteraksi, berkomunikasi dengan kelompok, bermain peran, bekerja sama, dan menilai proses kegiatan simulasi.
Pengalaman yang didapat dari metode demonstrasi yaitu memperhatikan proses yang sistematis, mempraktikkan secara proses, menggunakan alat dan bahan yang sebenarnya.
Metode eksperimen memberikan pengalaman membanding-bandingkan hasil eksperimen, mendiskusikan perbedaan, menemukan suatu konsep,  membuktikan sesuatu secara proses.
Metode karya wisata, dampak pengalaman yang diperoleh yaitu berinteraksi, bekerja sama, mengamati, dan menilai objek, memberikan pengalaman nyata, praktis dan konkret.

Tulisan terkait : 
Metode Pembelajaran 1 (Hakikat, faktor dan pentingnya media pembelajaran )
- Metode Pembelajaran 2 ( Jenis - jenis metode pembelajaran ) 
- Metode Pembelajaran 3 ( Hubungan pengalaman dan metode mengajar )


DAFTAR PUSTAKA. 
Abimanyu Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Strategi pembelajaran dan pemilihannya. Jakarta, hal: 25-30.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang, hal: 6.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar