Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013

A. Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu
    
Pembelajaran Teatik

Pembelajaran       Tematik    Terpadu     merupakan      suatu    pendekatan     dalam  pembelajaran   yang   secara   sengaja   mengaitkan   beberapa   aspek   baik   dalam intra   mata    pelajaran    maupun     antar   mata    pelajaran.   Dengan     adanya  pemaduan itu, peserta didik akan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan  secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik.
     Makna    pembelajaran     Tematik    Terpadu   adalah    pendekatan      pembelajaran  yang   melibatkan   beberapa   mata   pelajaran   untuk   memberikan   pengalaman yang     bermakna      kepada     peserta    didik.   Dikatakan     bermakna       pada pembelajaran      Tematik    Terpadu    artinya,   peserta   didik  akan    memahami konsep-konsep      yang   mereka    pelajari  melalui    pengalaman     langsung    dan menghubungkan dengan konsep yang lain yang sudah mereka pahami.
B.Tujuan Pembelajaran          Tematik Terpadu
   Pembelajaran   Tematik   Terpadu   dikembangkan   selain   untuk   mencapai   tujuan  pembalajaran yang telah ditetapkan, diharapkan siswa juga dapat :
    1.  Meningkatkan       pemahaman       konsep    yang    dipelajarinya    secara    lebih bermakna
    2.  Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan nformasi
    3.  Menumbuhkembangkan   sikap   positif,   kebiasaan   baik,   dan   nilai-nilai   luhur yang diperlukan dalam kehidupan
    4.  Menumbuhkembangkan   keterampilan   sosial   seperti   kerja   sama,   toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain
    5.  Meningkatkan minat dalam belajar
    6.  Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya
C.   Karakteristik Pembelajaran Tematik Terpadu
     Pembelajaran      Tematik    Terpadu    memiliki   beberapa     macam     karakteristik,  diantaranya      (Panduan     Pengembangan       Pembelajaran       Tematik     Terpadu Depdiknas,2004)
     1. Berpusat pada peserta didik
     2.  Memberi pengalaman langsung pada peserta didik
     3. Pemisahan antar mata pelajaran        tidak begitu jelas
     4. .Menyajikan     konsep   dari  berbagai   mata    pelajaran   dalam   suatu   proses pembelajaran
     5. Bersifat luwes.
     6. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik
     7. Holistik,  artinya   suatu   peristiwa  yang   menjadi    pusat   perhatian   dalam  pembelajaran     Tematik    Terpadu    diamati  dan   dikaji  dari  beberapa   mata pelajaran sekaligus, tidak dari sudut pandang yang terkotak-kotak.
     8.  Bermakna,     artinya   pengkajian    suatu   fenomena    dari  berbagai    macam  aspek memungkinkan terbentuknya semacam jalinan skemata yang dimiliki peserta didik.
     9.  Otentik,   artinya   informasi   dan   pengetahuan      yang   diperoleh   sifatnya  menjadi otentik.
    10.Aktif,    artinya   peserta    didik  perlu   terlibat   langsung    dalam     proses pembelajaran      mulai    dari   perencanaan,     pelaksanaan      hingga    proses  penilaian.
    11.Wujud lain dari implementasi Tematik Terpadu yang bertolak dari  tema.

Sumber : http://suaidinmath.wordpress.com
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar