A. Penilaian Pembelajaran Tematik Terpadu
Objek dalam penilaian pembelajaran terpadu mencakup penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian proses belajar adalah upaya pemberian nilai terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik, sedangkan penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai dengan menggunakan kriteria tertentu. Habelajar tersebut pada hakikatnya merupakan pencapaian kompetensi-kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.
Gambar : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Kompetensi tersebut dapat dikenali melalui sejumlah hasil belajar dan indikatornya yang dapat diukur dan diamati. Penilaian proses dan hasil belajar itu saling berkaitan satu dengan lainnya, hasil belajar merupakan akibat dari suatu proses belajar
B. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang tersusun secara Tematik Terpadu di dalam kurikulum 2013 adalah mata pelajaran IPA dan IPS.
Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Tematik Terpadu bergantung pada kesesuaian rencana yang dibuat dengan kondisi dan potensi peserta didik (minat, bakat, kebutuhan, dan kemampuan). Penentuan Tema Pembelajaran IPA/IPS Terpadu
1. Tidak terlalu luas, namun dengan mudah dapat digunakan memadukan banyak banyak indikator
2. Tema harus bermakna artinya bahwa tema yang dipilih untuk dikaji harus memberikan bekal bagi siswa untuk belajar selanjutnya
3. Tema harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan psikologis anak.
4. Tema yang dipilih hendaknya mempertimbangkan penstiwa peristiwa otentik yang terjadi dalam rentang waktu belajar,
5. Tema yang dipilih hendaknya juga mempertimbangkan ketersediaan sumber belajar.
Untuk menyusun perencanaan pembelajaran Tematik Terpadu perlu dilakukan langkah-langkah seperti berikut
Langkah-langkah perencanaan pembelajaran tematik terpadu seperti yangdisajikan pada diagram di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Menganalisis KI dan KD mata pelajaran IPA atau IPS
2. Menentukan Tema yang sesuai dengan konsep konsep yang ada dalam setiap nomor KD
IPA atau IPS
3. Penjabaran (perumusan) Kompetensi Dasar ke dalam indikator sesuai topik/tema
4. Membuat peta hubungan antar indikator dengan judul tema
5. Pengembangan Silabus
6. Menyusun RPP Tematik Terpadu
C. Model Pembelajaran Tematik Terpadu
Pembelajaran Tematik Terpadu antar mata peserta didik an Menurut Fogarty dalam bukunya How to Integrate the Curricula (Fogarty,1991:XV) ada sepuluh macam model pembelajaran Tematik Terpadu, yaitu :
1) Model Terhubung (The Connected Model),
2) Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3) Model KeTematik Terpaduan (The Integrated Model),
4) Model Sarang (The Nested Model),
5) Model Penggalan (The Fragmented Model ),
6) Model Terurut (The Sequenced Model),
7) Model Irisan (The Shared Model ),
8) Model Galur (The Threaded Model),
9) Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10) Model Jaringan Kerja (The Networked model)
Sumber : http://suaidinmath.wordpress.com/
0 komentar:
Posting Komentar